Selasa, 16 Agustus 2011

The Battle of Web Browser


Selama ini, jika kita menginstall sistem operasi Windows apa saja, maka Anda akan menemukan sebuah program, yakni Internet Explorer.

Internet Explorer adalah salah satu web browser yang sampai saat ini masih banyak yang digunakan (namun faktanya dikarenakan banyaknya pengguna Windows, Internet Explorer menjadi pilihan yang terpaksa).
Internet Explorer yang kini menginjak versi ke 9 semakin mantap memanjakan para penggunanya dalam mengakses internet yang lebih cepat lagi. Namun, Internet Explorer akan semakin meredup seiring adanya web browser yang bermunculan yang iming-imingnya menyediakan web browser yang lebih cepat, dan juga lebih aman tentunya.

Sebut saja Mozilla Firefox dan Google Chrome, web-web browser tersebut selalu menjadi primadona para penggunanya, dikarenakan web-web browser tersebut selalu memberikan fitur-fitur yang terkini, keamanan yang dipertingkat, dan pengalaman yang tidak pernah dibayangkan dalam menggukana web browser.
Namun tentunya, Internet Explorer selalu mencoba memberikan fitur-fitur terkini, namun terlihat lambat. Sedangkan web-web browser lainnya selalu memberikan update yang lebih cepat, dan lebih baik dari sebelumnya.

Plug-ins yang selalu ditawarkan untuk web browser jelas-jelas lebih banyak untuk Mozilla Firefox dan Google Chrome. Dan sekali-lagi, Internet Explorer tertinggal. Sehingga dapat dikatakan bahwa Internet Explorer jika tidak melakukan revolusi besar-besaran, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Internet Explorer akan hilang dan tidak ada lagi versi penerusnya.

Lain lagi halnya dengan Opera, Opera dulunya memang lebih baik ketimbang dengan Internet Explorer. Namun kelemahanyan adalah dulu Opera adalah web browser yang "memakan uang di kantong". Harus dibeli dan tidak dapat digunakan jika belum dibayar. Sekarang, Opera bersifat gratis dan dapat digunakan secara cuma-cuma. Namun, masih kalah dengan browser lainnya seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome yang dari pertama bersifat Open Source dan gratis. Tetapi lebih baik daripada Internet Explorer.

Namun, jika menurut saya, jika ditanya mana yang lebih baik, saya memilih Google Chrome. Lebih simpel dan tidak ribet.
Namun, itulah pertarungan antara web browser satu dengan yang lainnya.

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More