Minggu, 21 Agustus 2011

Perbandingan Pemutar Media


Kita dari dulu pernah menggunakan pemutar media dari Microsoft, yakni Windows Media Player. Namun, pernah berpikir bahwa Windows Media Player tidaklah pernah membuat Anda puas.
Muncullah sebuah pemutar media lainnya yang mungkin masih memegang tahta pemutar musik yang paling banyak dipakai selain Windows Media Player. Dia tidak lain adalah Winamp.
Produksi dari Nullsoft yang sudah menjadi bagian dari Aol (America Online) sudah dipakai oleh jutaan, mungkin miliaran lebih.
Pemutar media ini telah membaca lebih dari 30 format berbeda, dari audio sampai video. Pemutar media ini mendukung plug-ins yang dapat dipakai, DSP, kulit yang dapat diunduh gratis dari Winamp, dan keunggulan lainnya. Namun, semakin tinggi versinya, semakin tidak layak dipakai. Itu disebabkan karena membutuhkan resource yang lebih tinggi lagi, dan sangat tidak efisien jika dipakai oleh komputer atau laptop yang memiliki kemampuan yang terbatas.
Sekarang, beredar pula pemutar media yang mungkin sudah banyak penggunanya, GOM Player, pemutar media yang menitik beratkan pada video, namun masih dapat memutar audio. Pemutar video yang telah banyak mendukung berbagai format yang paling digunakan belakangan ini seperti AVI, MP4, FLV, WMV, MKV, RM, dan format lainnya. Keunggulannya adalah dapat mencari kodek yang tidak dikenal/terinstal di komputer Anda, mendukung banyak format, mendukung fungsi DSP yang sama dengan Winamp, mendukung subtitle, mendukung filter dari program lain seperti ffdshow (harus memasang Media Player Classic), dan masih banyak keunggulan lainnya.
Masih banyak lagi pemutar video seperti KMPlayer yang juga terkenal, VLC, AlPlayer (sebelumnya AlShow), Media Player Classic, dan pemutar video lainnya.
Sekarang pemutar audio yang menurut saya lebih baik daripada pemutar audio lainnya adalah AIMP3. AIMP3 merupakan pemutar audio yang diciptakan dari Rusia dan handal memainkan berbagai format suara yang lagi tenar dan mendukung penampilannya dengan berbagai kulit yang tersedia di situs resminya. Namun, program ini masih tahap beta dan masih butuh waktu untuk menyelesaikannya sampai rilis finalnya nanti.
Namun, Anda patut mencoba pemutar audio lainnya seperti JetAudio, MonkeyAudio, Spotify, iTunes, dan masih banyak lagi.
Ini hanya referensi dan mungkin Anda memiliki pendapat lain terhadap pemutar media. Semoga membantu dan bermanfaat bagi para pengunjung.

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More