SIFT HEAD ZONE

Sift Head Zone, untuk para anggota kelas Sift Head!

TIP UNTUK MENGGUNAKAN MOUSE SECARA AMAN

Dapatkan cara-cara aman menggunakan mouse!

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H

Klik di sini untuk melihat halaman spesial Welcome!

SPARKS, BREANNE DÃœREN UNJUK KEBOLEHAN

Dapatkan albumnya di sini!

LUAPKAN KEMAMPUANMU LEWAT BLOG!!

Ayo luapkan kemampuanmu dengan cara nge-blog!

Sabtu, 27 Agustus 2011

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H



Setelah selama sebulan telah menahan lapar, haus, nafsu, amarah kita, akhirnya kita telah melewatinya dengan penuh kebahagiaan dan kemenangan. Dan, tiba saatnya pintu kemenangan terbuka dan mari mengucapkan "Allahu Akbar!"

Saya, Riswan Hanafyah Harahap, pemilik sekaligus pengurus dari blog "The World of My World" mengucapkan Selamat hari raya Idul Fitri 1432 H.
Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Saya ingin memberikan tiga gambar tentang Idul Fitri tahun ini. Jika berminat, silahkan mengunduh di link ini!

Terima kasih!

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Daftar Siswa-Siswi XI-IA-2 SMA Negeri 4 Kendari


1. Afny Kumala
2. Agnia W. A. H
3. Andhika Dzulhaji
4. Annisa Akhlakul
5. Arisandy
6. Augridita Prawidya
7. Bakri Husmar
8. Bella Ashari
9. Dahlan Wahyudi
10. Dessy Astari
11. Deshi Andriani
12. Desy Damarasri
13. Dewi Ratih Puri Hidayati
14. Dita Anugrah
15. Dinan Azmi
16. Ekadila Sari
17. Efrianty
18. Fery Fachriansyah
19. Fitrah Hidayat
20. Friskyla
21. Heru Al Zulkifli Aim
22. I Kadek Herry Hermawan
23. Indah Normayanti
24. Johannes Gedo
25. Kadek Ray Suardana
26. Marsaban Munandar
27. MifthahuL Munir
28. Muhammad Fadhli
29. Muhammad Syamsul Muin
30. Pantry Elastic
31. Ramadhin Jufran
32. Resky Pradita
33. Richa Widy Astuti
34. Riswan Hanafyah Harahap
35. Rizky Audina
36. Sandri Zulkhaidir
37. Sriyufani Kasi
38. St. Feny
39. Yullyana Mutiara Kasih
40. Zainudin Saputra

Sparks, Breanne Düren Unjuk Kebolehan



Breanne Düren adalah seorang penyanyi yang biasanya dikenal oleh para penggemar setia Owl City. Bagaimana tidak, Breanne Düren selalu muncul saat konser tunggal Owl City, juga ada pada beberapa lagu andalan dari Owl City seperti The Saltwater Room dan Honey and the Bee.

Kali ini, Breanne Düren mencoba keberuntungannya dengan mengeluarkan EP pertamanya, yaitu Sparks. Terlihat bahwa Breanne Düren mantap dalam memberikan musiknya.

Anda dapat melihat video klipnya di bawah ini:

1. Gold Mine
<iframe width="560" height="345" src="http://www.youtube.com/embed/mhF4wMxHnks" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>
2. No One Else
<iframe width="560" height="345" src="http://www.youtube.com/embed/dyeb3Q8WyuE" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Daftar trek:

1. Gold Mine;
2. No One Else;
3. Catapult;
4. Daydreams;
5. Summer Days.

Anda dapat mengunduhnya secara gratis dengan mengklik link ini!

Semoga bermanfaat!

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Tips Aman Wisatawan Digital


Saat mudik, pastinya tidak ingin melewatkan momen-momen tertentu. Namun, jika Anda membawa peralatan yang berbau digital, ini dia tip-tip yang berguna untuk Anda!

1. Jika membawa kamera digital yang menggunakan baterai AA, pastikan membawa dua tipe baterai, yaitu yang bisa diisi ulang dan yang konvensional (sekali pakai). Isi penuh baterai isi ulang dan siapkan satu atau dua pasang baterai normal. Namun, jangan terlalu banyak membawa baterai juga karena selain berat, baterai dalam jumlah besar bisa disangka peluru oleh petugas bandara.

2. Gunakan tempat untuk membawa perangkat digital yang cukup aman dan bisa melindungi dari cuaca buruk. Saat ini cukup banyak backpack yang menyediakan kantung dalam yang memiliki lapisan pelindung dan juga relatif kedap air. Siapkan juga kantong plastik, lebih baik tipe zip lock yang kira-kira bisa digunakan untuk melindungi perangkat digital dalam keadaan darurat.

3. Terutama jika bepergian sendirian, hati-hati saat menggunakan perangkat elektronik seperti kamera digital atau ponsel.

Sumber: Majalah CHIP Juni 2008

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Luapkan Kemampuanmu Lewat Blog!


Selama ini kita mengenal yang namanya blog. Blog bisa diguakan untuk menunjukkan kemampuan pemikiran individu. Blog jangan dianggap sekadar alat curhat maya, anggaplah blog sebagai portofolio kemampuan yang dituangkan
dalam tulisan atau foto.

Padati blog dengan konten yang bermanfaat bagi orang lain. Namun ingat, jangan
asal copy-paste materi yang ditemukan di tempat lain! Coba olah lagi informasi
yang didapatkan dan sajikan dalam bahasa sendiri yang personal dan akrab.

Topik yang menarik untuk dibahas dalam blog adalah pengalaman nyata dalam menerapkan ilmu atau kemampuan yang dimiliki. Seorang mahasiswa desain grafis, misalnya, bisa menggunakan blog untuk menampilkan tutorial membuat efek grafis tertentu. Selain menunjukkan kemampuan grafisnya, dengan melakukan itu mahasiswa tersebut juga akan memanen "karma" yang baik.

Saat ini di Indonesia sudah cukup banyak penyedia layanan blog. Jadi untuk apa membuat blog di layanan "asing" seperti wordpress.com/blogger.com. Manfaatkan saja layanan lokal seperti blog.chip.co.id, atau dagdigdug.com.

Kemampuan dunia kerja yang didapatkan dari blog? Mengemukakan pendapat, menerapkan kemampuan, dan membangun identitas individu.

Sumber: Majalah CHIP Juni 2008

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Memilih Notebook Sesuai Keinginan


Kebutuhan adalah kebutuhan, sesuatu yang Anda perlukan dengan sedikit menghiraukan aspek harga yang mengikuti produk tersebut. Oleh sebab itu, pada bagian ini dengan asumsi bahwa Anda mencari sebuah notebook tanpa mengindahkan ketersediaan dana.

1. Notebook untuk bekerja

Memilih notebook untuk bekerja merupakan pilihan yang teramat mudah bagi siapa pun. Hanya perlu diingat, arti kata kerja di sini adalah menggunakan notebook untuk meningkatkan produktivitas dengan penggunaan aplikasi edit dokumen serta olah gambar ringan. Aplikasi edit dokumen, seperti Microsoft Word, Excel, Outlook, serta Powerpoint cukup dengan kinerja prosesor yang sangat ringan. Prosesor Intel Celeron pun sudah dapat mencukupi kebutuhan Anda. Begitu juga dengan aplikasi olah gambar ringan. Aplikasi olah gambar gratisan seperti GIMP serta Paint.NET sudah dapat dijalankan dengan cukup baik pada notebook
dengan prosesor Intel Celeron.

Pertimbangan terbesar dalam memilih notebook untuk bekerja adalah ukuran fisik notebook tersebut serta daya tahan baterainya. Apabila Anda membeli sebuah notebook untuk bekerja, kemungkinan besar Anda sering melakukan perjalanan
bisnis. Oleh sebab itu, disarankan agar membeli notebook dengan ukuran layar 13” ke bawah. Hal ini disebabkan layar notebook merupakan salah satu konsumen daya listrik terbesar pada notebook. Selain itu, ukuran layar yang kecil juga mempengaruhi ukuran fisik notebook keseluruhan. Tentunya bila Anda sering berpergian, membawa notebook yang ringan dan kompak akan memudahkan perjalanan Anda.

Adapun tuntutan pengguna notebook adalah kemampuan bekerja pada notebook dengan kekuatan sebuah workstation. Desainer industrial yang kerap menggunakan software Computer Aided Design atau CAD kini juga sudah dapat menggunakan notebook untuk bekerja. Penyertaan teknologi graphics card QuadroFX pada beberapa notebook memberikan
kemampuan olah tiga dimensi yang cukup tinggi. Salah satu notebook tersebut adalah Dell Precision series. Dengan graphics card yang mumpuni tersebut, umumnya seri Precision hadir dengan ukuran layar minimal 15” serta resolusi layar yang cukup tinggi (1680 x 1050 pixel).

2. Notebook untuk bermain game

Bermain game untuk sebagian orang (gamers) adalah "makanan pokok" yang penting sehingga hal tersebut menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar. Dahulu, notebook bukanlah pilihan yang tepat untuk bermain game. Namun kini, berkat usaha dua produsen graphics card ternama dunia, NVIDIA dan ATI, notebook modern sudah dibekali teknologi discreet graphics card yang membuat permainan tiga dimensi kompleks dapat dimainkan pada notebook.
Untuk bermain game, disarankan agar pilihan notebook jatuh pada produk yang mengusung discreet graphics card dan bukan on-board graphics card. Kelemahan fundamental gaphics card on-board terletak pada tujuannya yang diciptakan agar hemat daya, sehingga hanya memberikan kemampuan olah grafis sederhana saja. Terlebih lagi, salah satu ciri khas graphics card on-board adalah keharusannya mengambil sebagian memori sistem untuk diperbantukan sebagai memori graphics card. Hal ini tentunya mengurangi kinerja potensial notebook secara keseluuruhan.

Teknologi graphics card notebook memang sudah dapat memberikan kinerja yang cukup, tetapi tetap tidak setinggi graphics card versi desktop meskipun mengusung nama seri yang sama. Sebagai contoh, graphics card NVIDIA 8600M GT pada notebook memiliki kinerja yang setara dengan NVIDIA seri 8500 pada desktop. Hal ini dibatasi oleh kenyataan bahwa graphics card menuntut penggunaan daya yang besar sehingga menjadi tidak efisien bila dipergunakan dalam notebook. Alhasil, produsen graphics card harus memangkas beberapa feature guna menghemat penggunaan daya listrik.

Kenyataan ini juga membuat direkomendasikan memilih notebook gaming dengan resolusi
layar yang tidak terlalu tinggi. Tentunya, resolusi layar tinggi menuntut kinerja graphics card yang lebih tinggi lagi karena bila Anda tidak menggunakan resolusi native layar LCD, gambar yang tertampil akan sedikit kabur. Memang Anda dapat menggunakan monitor LCD ataupun CRT eksternal, tetapi hal tersebut akan mengalahkan
tujuan utama membeli notebook, yaitu mobilitas.

Sistem tata suara bawaan yang baik tentu harus Anda perhatikan dengan seksama. Bermain game ditemani dentuman suara ledakan dan decitan ban yang jernih tentu akan semakin menambah seru permainan. Namun, apakah notebook modern mampu menampilkan suara jernih tersebut? Jawabannya adalah ya. Beberapa produsen notebook kini sudah menyertakan teknologi tata suara terkini dengan bantuan produsen sistem tata suara terkemuka. ACER Aspire 5920G contohnya, telah menggunakan teknologi Dolby Home Theater yang mengizinkan beragam peningkatan kualitas suara dengan sistem ini. Salah satu contoh terbaik adalah dukungan teknologi vitual speakers dari Dolby Home Theater. Teknologi ini akan membuat output suara stereo seolah menjadi output suara dengan 5 speaker. Alhasil, penggunaan sistem tata suara 2.1 maupun headphone akan meningkatkan kualitas suara secara signifikan.

3. Notebook multimedia

Sekilas, memilih notebook untuk multimedia hampir serupa dengan memilih notebook untuk bermain game. Akan tetapi, kini Anda tidak terjebak dengan resolusi layar yang rendah. Anda dapat memilih notebook dengan layar sebesar-besarnya untuk kepuasan visual. Oleh karena itu, notebook multimeda juga pantas digunakan untuk mengolah gambar dua dimensi berkat ukuran layar yang besar serta resolusi yang tinggi.

Perbedaan mendasar antara notebook multimedia dan notebook gaming terletak pada perlengkapan teknis yang relatif lebih rendah pada notebook multimedia. Notebook multimedia tentunya diperuntukkan sebagai medium penikmat audio dan video. Oleh sebab itu, notebook multimedia yang baik adalah notebook dengan layar yang besar serta sistem tata suara yang baik juga.

Dari segi tata suara, penyertaan teknologi seperti Dolby Home Theater merupakan sebuah keharusan. Toshiba Qosmio G30 dengan ukuran layar 17” dan resolusi layar 1920 x 1200 pixel merupakan salah satu notebook multimedia yang pantas untuk dijadikan acuan.

Ukuran layar yang besar, resolusi tinggi dan tentunya, dukungan teknologi Audio Harman Kardon. Toshiba juga sepertinya tidak muluk-muluk dengan penyertaan feature pada notebook ini. Penggunaan graphics card Geforce Go 7600 sudah pasti tidak akan mengejar kinerja graphics card Geforce 8600M GT maupun Radeon HD 2600 XT. Yang jelas, tidak ada graphics card mobile saat ini yang mampu menjalankan game dengan detail maksimum
pada resolusi 1920 x 1200 pixel. Meskipun begitu, spesifikasi Qosmio G30 sudah encukupi bagi para penikmat audio visual.

Baru-baru ini, produsen notebook mulai agresif dalam menyertakan feature ekstra
pada jajaran notebook multimedia mereka. Penyertaan aplikasi Media Center, seperti Windows Media Center mulai marak disertakan; sebagai contoh, HP dengan QuickPlay, Toshiba dengan Qosmio Player, serta ACER dengan ACER Arcade. Aplikasi all-in-one ini menggabungkan semua feature multimedia menjadi satu, mengubah tampilan utama notebook Anda menjadi sebuah multimedia player. Penyertaan aplikasi tersebut sangatlah baik, dan merupakan salah satu feature yang mendefinisikan sebuah notebook multimedia.

Sumber: Majalah CHIP Juni 2008

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Drama: Anak Durhaka yang Sadar

Kebetulan saya melihat dokumen saya, dan saya menemukan drama kelas saya. Di sini saya akan berbagi drama saya dan mungkin Anda dapat memanfaatkannya. Saya ucapkan terima kasih.

>> Daftar Pemain

1. Azzam
2. Fatimah
3. Husnah
4. Ustad Fajar
5. Yahud
6. Sony
7. Annisa
8. Polisi

>> Naskah Drama

Pada suat hari hiduplah seorang wanita tua bersama dua anaknya, sifatnya yang sangat sabar, dan tidak pernah mendidik anaknya dengan cara memukuli mereka, dia adalah Fatimah. Anak perempuannya sangat cantik, sayang dan penurut kepada ibunya, namanya Husnah. Sedangkan anak laki-lakinya mempunyai sifat yang sangat kasar, egois dan durhaka kepada ibunya, dia adalah Azzam.

Adegan 1

Di suatu subuh, Fatimah bersama anaknya, Husnah bangun untuk menunaikan salat subuh. Dia membangunkan Husnah yang sedang tertidur lelap.

Fatimah : “Husnah! Bangun mi nak!” (sambil menjahit)
Husnah : “Iye bu!” (sambil manguap)
Fatimah : “Cepat mi sana pergi ambil air wudu, nanti waktu subuh sudah selesai!”
Husnah : “Tunggu dulu bu. Saya perbaiki tempat tidur.”
Fatimah : “Mana kakakmu Azzam?”
Husnah : “Saya tidak tahu mi itu. Mungkin dia masih tidur. Tadi malam sudah larut malam mi da pulang. Hmmm... Kakak Azzam mau salat? Boro-boro mau salat! Bangun saja sudah susah! Kalau kak Azzam salat mungkin sudah kiamat mi dunia bu!”
Fatimah : “Hus! Jangko bicara seperti itu nak. Begitu-begitu dia itu saudaramu juga. Azzam itu hanya salah bergaul ji. Tetapi sebenarnya sifatnya tidak seperti itu nak. Justru kita sebagai keluarga harus mengingatkan dia.”
Husnah : “Ini mi yang saya tidak suka sama ibu. Sudah jelas kak Azzam salah kita masih bela. Justru ibu harus kasih dia pelajaran supaya dia tobat! Sudah buat masalah, curi kedondongnya orang, kenapa juga dia pergi curi kedondongnya orang na banyaknya di pasar!”
Fatimah : “Sudah pergi mi cepat ambil air wudu baru kita salat berjamaah. Jangan lupa nah kalau lewat di kamarnya kakakmu, bangunkan dia, supaya kita sama-sama salat berjamaah.”
Husnah : “Kita mi bu! Kalau saya, pasti dia tidak mau bangun! Banyak alasannya bela!” (sambil meninggalkan ibunya)
Fatimah pun langsung ke kamar Azzam untuk membangunkannya salat subuh berjamaah. Dan ternyata Azzam masih tertidur dengan lelapnya.

Fatimah : “Azzam, bangun mi nak! Sudah subuh. Kita salat berjamaah.”
Azzam : “Huuuaaammm! Hu... Bu kenapa datang ke sini ganggu orang tidur saja beh! Saya tau ji ini sudah subuh. Saya lagi asyik bermimpi juga! Saya malas salat deh!” (menutup mukanya sambil tertidur)
Fatimah : “Astagfirullah Azzam! (menggelengkan kepalanya) Bisanya kamu bicara seperti itu sama ibu! Siapa yang ajar kamu begitu? Kamu itu kayak tidak punya aturan. Tadi malam kamu pulang jam berapa?”
Azzam : “Apa urusannya ibu mau tadi malam saya pulang jam berapa? Itu urusanku! Lagi pula saya sudah besar mi bu!”
Fatimah : “Siapa yang bilang kamu masih seperti bayi. Cepat mi bangun kita salat subuh. Kalau kamu bangun Kesiangan rezekimu nanti da patok ayam.”
Azzam : “Sudah mi bu! Tidak usah ceramah lagi! Saya capek bu! Saya mau tidur dulu! Kalau ibu mau salat, salat duluan saja!” (sambil memejamkan matanya)
Fatimah : “Azzam... Azzam... Sampai kapan kamu begini terus. Kapan pi itu ko insaf nak?” (sambil meninggalkan Azzam)

Adegan 2

Waktu menunjukkan pukul 13.00 siang. Azzam bersama teman-temannya, Yahud dan Sony sedang bermain kartu di pos kamling. Mereka sambil bercerita tentang waktu semalam dan juga pekerjaan.

Yahud : “He! (berbicara kepada Azzam) Bro tadi malam ko pulang jam berapa?”
Azzam : “Jam 2. Kenapa?” (sambil mengocok kartu)
Sony : “Hah? Jam 2? Hahahaha!!! Kalau saya jam 4 saya pulang tadi malam.”
Yahud : “Sony, bukan kamu yang saya tanya!”
Sony : “Ih! Kenapa mi katanya kalau saya curhat? Marahkah?”
Azzam : “Sudah-sudah mi itu. Kalian mau berkelahi? Berkelahi mi!”
Yahud : “Iya deh! Tadi malam ko pulang lewat rumahnya Ustad Fajar?” (dalam keadaan kesal)
Azzam : “Kenapa ko tanya begitu? Nyatanya mi saya lewati rumahnya Ustad Fajar! Nah sementara rumahnya dengan rumahku satu lorong!”
Yahud : “Iyo di! Kenapa saya tidak berpikir seperti itu?”
Sony : (langsung memotong pembicaraan) “Memang kamu Yahud, kadang-kadang datang goblokmu juga pale!”
Azzam : “Memangnya kenapakah dengan rumahnya Ustad Fajar?”
Yahud : “Tidak ji! Saya Cuma tanya-tanya ji!”
Sony : “Eh Zam! Saya punya rencana baru buat kita! Bagaimana kalau kita melamar kerja. Saya bosan mi tiap hari main kartu terus. Tidak lama mukanya kita seperti kartu!”
Azzam : “Memangnya ko mau melamar kerja di manakah? Zaman sekarang susah sekali cari kerja. Dulu saja saya melamar di kantor saya tidak diterima pa!”
Sony : “Memangnya dulu ko melamar kerja di manakah? Sampai-sampai ko tidak diterima segala?” (sembil menyelidik)
Azzam : “Dulu saya melamar kerja di kantor Walikota.”
Sony : “Hahahaha!!! Pantasan ko tidak diterima! Kalo orang melamar kerja di kantor itu pake jasa! Tamat SMA saja tidak tamat! Kalau yang saya tawarkan ini sama kamu nggak pake jasa, hanya pake tenaga ji!”
Azzam : “Ko juga bicara terlalu bertele-tele pa! To the point saja kalau ko bicara! Kerja apakah?”
Sony : “Jadi sopir angkot. Ko mau ji kah?” (menawarkan)
Yahud : (langsung memotong pembicaraannya Azzam dengan Sony) “Hahaha! (tertawa) Ko juga itu Sony ko tawarkan orang jadi sopir angkot pa! Memangnya tidak ada kerjaan lain? Sekarang ini sudah zaman modern bro! Masa keren-keren begini mau jadi sopir angkot! Apa kata dunia?”
Sony : “Memangnya kalau kamu, mau kerja di mana? Biar jadi sopir angkot, yang penting halal bro!” (membanggakan)
Yahud : “Kalo saya nanti yang melamar pekerjaan, pekerjaannya itu harus yang elit-elit!”
Sony : “Hahahaha!!! Tidak usah bermimpi terlalu tinggi! Ujung-ujungnya ko jadi penjaga WC ji juga!”
Azzam dan Sony : “Hahahaha...!!!” (menertawakan Yahud)

Adegan 3

Di pagi hari, Fatimah dan anaknya Husnah pergi ke rumah Ustad Fajar dalam rangka sebagai pembantu rumah tangga. Annisa adalah istri dari Ustad Azzam. Dia adalah seorang ibu yang baik hati dan juga dermawan.

Husnah : “Bu, sejak ayah telah meninggalkan kita, abang Azzam malah semakin menjadi-jadi. Sering bentak ibu, sering buat masalah, mencuri. Sampai kapan seperti itu kasihan bu? Coba pi ibu bersikap tegas saja sama kak Azzam supaya dia patuh juga sama ibu?”
Fatimah : “Husnah, si Azzam itu hanya salah bergaul ji. Seperti yang sudah ibu bilang tempo hari, ibu tahu sikap kakakmu itu. Dia tidak seperti itu. Makanya kita jangan berhenti untuk mendoakan dia, supaya dia jadi anak yang penurut.” (menasihati)
Husnah : “Bu, jangan hanya berdoa bu! Tapi juga harus berusaha. Pokoknya ibu mi yang harus punya andil penting. Ibu harus kasih pelajaran sama kak Azzam!”
Fatimah : “Tidak boleh seperti itu nak. Cara mendidik bukan dengan cara yang kasar, karena Azzam orangnya keras, berarti kita yang harus bersikap lembut. Karena ada pepatah mengatakan batu ketemu batu akhirnya pecah. Nah, sama kalau kita andai untuk menghadai Azzam nanti hubungan keluarga kita malah pecah seperti batu tadi.”
Husnah : “Io di betul bu. Saya setuju sama ibu.”

Tiba-tiba Annisa datang.

Annisa : “Bu Fatimah, ada yang mau saya bilang.”
Fatimah : “Ie! Kenapa bu?”
Annisa : “Mulai bulan depan ada mi tambahan gaji ji ta.”
Fatimah : “Oh iye terima kasih bu! Saya tidak tahu mi mau bilang apa sama kita. Karena sudah banyak membantu keluarganya kita bu. Kalau tidak ada ibu mungkin sekarang saya dengan anak-anakku sudah di kolong jembatan sekarang.” (perasaan senang)
Husnah : “Ie bu! Jarang-jarang di dunia ini ada orang sebaik ibu.”
Annisa : “Biasa ji Husnah. Tidak usah lebay begitu. Niatku hanya mau membantu keluarga kalian. Kalau begitu saya ke kantor begitu. Sebentar jam 12 baru pulang.”
Fatimat : “Oh iye, hati-hati ki pulang”
Annisa : “Iya. Assalamualaikum.”
Husnah dan Fatimah : “Wa’alakumsalam Warahmatullah.” (menertawakan Yahud)

Adegan 4

Yahud sedang duduk di tempat nongkrong di pos kamling dan kemudian Azzam sedang berjalan-jalan dekat situ. Yahud kemudian memanggilnya ke pos kamling dan membuat perencanaan kepada Azzam.

Yahud : “Bro, saya punya rencana buat kita.”
Azzam : “Rencana apa?”
Yahud : “Begini, kemarin ‘kan si Sony, dia ajak ko untuk melamar kerja jadi sopir angkot. Mendingan sebentar malam kita rampok rumahnya Ustad Fajar.”
Azzam : “Maksudmu?”
Yahud : “Ah! Kau ini goblok atau pura-pura tidak tahu? Begini, orang terkaya di kampungnya kita ‘kan Ustad Fajar. Nah kalo kita rampok barang-barang berharganya. Hanya dengan satu malam kita akan kaya! Beda kalau jadi sopir angkot. Sampai ko beruban jadi sopir angkot ko tidak akan kaya-kaya kasihan!”
Azzam : “Ko sudah yakinkah dengan rencanamu itu?” (ragu-ragu)
Yahud : “Iyalah!” (santai)
Azzam : “Tapi?” (berpikir)
Yahud : “Ah! Sudah! Tidak usah mi ko berpikir! Ini kesempatan emas buat kita! Kapan lagi kita akan jadi orang kaya, bro! Ko bodoh sekali kita mau ajak jadi orang kaya. Ko tidak mau kah?”
Azzam : “Masalahnya ini to konsenkuensinya tinggi bela! Kalau kita didapat sama Ustad Fajar, bagaimana mi? Memangnya ko mau tanggung kah kalau saya dilaporkan sama polisi?”
Yahud : “Kalo sama saya ko jalan, tidak usah mi ko khawatir. Nanti semua saya yang tanggung. Ko tidak sendiri ji. Masih ada ji saya temanmu. Bagaimana?” (menghasut)
Azzam : “Oke mi kalau begitu.” (terlihat yakin)

Adegan 5

Tepat pukul 12.00 malam, Azzam dan Yahud pun berangkat menuju ke rumah Ustad Fajar dengan rencana mereka yang telah mereka susun, yaitu untuk merampok rumah Ustad Fajar.

Yahud : “Ssstttt!!!”
Azzam : (mengangguk)
Yahud : “Ko ke kamarnya Ustad Fajar, ambil uang dengan barang-barang berharganya di dalam lemarinya, nah?” (sambil berbisik)
Azzam : “Kalo kamu mau ke mana?”
Yahud : “Kalo saya, saya di ruang tengah. Oke mi?”
Azzam : “Oke mi.”
Azzam pun masuk ke kamar Ustad Fajar.

Annisa : “Siapa itu? Bang! Ada orang yang mencuri di rumahnya kita bang!” (sedang membangunkan Ustad Fajar)
Ustad Fajar : “Astagfirullah aladzim…!!! Hei, siapa kamu? Mau apa kamu di rumah saya…?” (sambil menunjuk Azzam)
Azzam : ” …?” (panik)
Ustad Fajar : ”Cepat jawab, siapa kamu? Jangan- jangan kamu mau merampok ya? Rampok… Rampok… Rampok...!” (teriak)
Azzam : (Azzam tak bisa mengelak lagi, secara spontan ia mengeluarkan pisau dan mengarahkannya kepada bapak Ustad Fajar.)
Ustad Fajar : “Mau apa kamu dengan pisau itu hah? ”(tetap bersikap tenang)
Azzam : ”Diam kamu, kalau tidak saya akan membunuhmu!” (panik)
Ustad Fajar : ”Hidup dan matiku hanya Allah SWT. yang menentukan, bukan kamu…!”(menegaskan)
Azzam : “Diam…!”(menusukkan pisau ke tubuh Ustad Fajar)
Annisa : “Masya Allah bang! Bang, bangun bang!” (menangis)

Akhirnya Azzam tidak tahu apalagi yang akan diperbuatnya. Ia tiba-tiba lari ke bawah menemui Yahud dan mengajaknya untuk segera pergi dari rumah itu.

Adegan 6

Keesokan harinya di rumah Azzam, tiba-tiba seorang polisi datang bersama seorang saksi yang tidak lain adalah Annisa, istri dari Ustad Fajar untuk menangkap Azzam. Sedangkan Azzam tidak ada di rumah, ia sedang bersembunyi di rumahnya Yahud.

Polisi : “Assalamualaikum. Betul ini dengan rumah saudara Azzam?”
Fatimah : “Walaikumsalam. Ie kenapa di?” (sambil keheranan)
Polisi : “Kami dari kepolisian ingin mencari saudara Azzam atas keterlibatannya dalam kasus pencurian sekaligus pembunuhan bapak Ustad Fajar.”
Fatimah : “Astagfirullahal’azim...!!! Kita pasti salah pak! Bisanya Azzam da mau bunuh Ustad Fajar? Nah sementara keluargaku kenal dekat sama Ustad Fajar! Tidak mungkin kasihan polisi! Anakku sifatnya seperti itu!” (kaget, kemudian pingsan)
Husnah : “Ibu...!!! Ibu...!!! Bangun ibu...!!! Bu...!!! Saya tidak mau ji kalo ibu meninggal...!!!” (sambil menangis)’
Fatimah : (tidak sadarkan diri dan kemudian meninggal dunia)

Adegan 7

Di tempat lain, Azzam merenungi perbuatan jahatnya selama ini kepada orang lain, terutama kepada ibunya sendiri. Azzam sangat menyesali perbuatannya itu, ia menyadari bahwa terlalu banyak dosa yang telah ia perbuat. Azzam kemudian mengambil air wudu dan menunaikan salat.

Azzam : “Ya Allah, Ya Robbi, hamba-Mu yang hina ini sekarang menundukkan kepala untuk mendapatkan ampunan-Mu Ya Allah. Ampunilah segala kekhilafan hamba Ya Allah, sebab hanya kepada-Mulah hamba memohon ampunan dan kasih sayang. Berikanlah hamba kesempatan untuk meminta maaf kepada mereka yang telah hamba zalimi ya Allah. Tunjukkanlah jalan yang lurus kepadaku, jalan yang telah engkau ridhoi, bukan jalan mereka yang sesat. Sesungguhnya engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Rabbana, atina, fiddunya hasana wa fil akhirati hasana wa kina azabannar, walhamdulillahirrabbilalamin.” (berdoa)

Setelah melaksanakan shalat, Azzam bangun dari duduknya dan segera teringat oleh ibunya.

Azzam : “Ibu...! Ibu...! Aku harus pulang ke rumah untuk menemui ibu...! Aku harus meminta maaf kepada ibu...!”

Adegan 8

Di depan rumahnya, Azzam melihat bendera kain putih telah terpasang di depan rumahnya dan segera masuk ke dalam rumahnya.

Azzam : “Kenapa ini? Kenapa ada bendera putih di rumah?” (bingung)
Husna : “Kak, ibu telah meninggal bang!”
Azzam : “Apa...?!” (menangis)
Husna : “Iya kak...!” (menundukkan kepala sambil menangis)
Azzam : “Ibu......!!! Ibu, maafkan saya...! Maafkan atas segala perbuatan yang saya lakukan! Saya khilaf bu...! Saya sangat menyesal bu! Ibu......!!!” (menangis sambil berteriak).

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Password Card: Mengingat Ratusan Password


Bingung ingin memilih password yang benar-benar aman? Tersedia sebuah tabel yang berisi berbagai karaketer. Tabel ini menawarkan cara membuat password yang aman dan mudah diingat. Anda hanya perlu mengingat sebuah start point untuk password Anda, misalnya J7. Artinya, password Anda dimulai pada kolom J, baris 7. Anda membacanya dari arah yang telah ditentukan sebelumnya (lihat contoh yang diberi garis merah).


Kartu ini dapat diperoleh secara gratis melalui website Savernova. String kartu dapat Anda pilih sendiri saat download.

Sumber: Majalah CHIP Juni 2008
Website: www.savernova.com

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Blu-ray, Dari Keunggulan sampai Kelemahannya


Sejak 2008, kita sudah mengenal yang namanya Blu-ray. Blu-ray adalah format kepingan disk yang dapat menyimpan dari 25 GB sampai 50 GB. Kali ini akan dibahas apa keunggulan dan kelemahan dari Blu-ray.

Dengan kapasitas simpan yang lebih tinggi (hingga 50 GB), Blu-ray menawarkan playback gambar dan suara resolusi tinggi.

Sinyal video kini dapat ditampilkan dalam resolusi hingga 1.920 x 1.080 dengan
bandwidth 40 MBit/detik (bandingkan dengan DVD: 720 x 576, sekitar 10 MBit/detik).
Selain itu, ada beragam fungsi baru seperti picture-in-picture, koneksi Internet,
atau menu yang lebih impresif. Dari sisi audio pun Blu-ray lebih unggul berkat
standar audio ”Dolby True HD” dan ”DTS-HD Master Audio”, sehingga tidak mengalami penurunan kualitas.

Sebagai media untuk film cerita, Blu-ray hanya memiliki satu kelemahan dibandingkan
DVD, selain player, dibutuhkan juga perangkat TV atau beamer dengan HDMI-input untuk menampilkan film Blu-ray yang di-proteksi. Hal tersebut berlaku juga untuk playback
pada PC. Monitor TFT yang digunakan harus memiliki HDMI-input atau DVI-interface yang mendukung sistem enkripsi HDCP (High Bandwidth Digital Content Protection). Biasanya, sistem ini hanya tersedia pada display baru 24 inci ke atas. Selain itu, display juga harus mendukung graphic-card HDCP. Model murah seperti Sapphire Radeon HD2400 Pro tersediadengan kisaran harga US$ 45.

Sumber: Majalah CHIP Juni 2008

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Sift Head Zone, Halaman Baru dari The World of My World


The World of My World mempersembahkan Sift Head Zone, halaman bagi anggota kelas Sift Head SMA Negeri 4 Kendari.

Bagi anggota kelas Sift Head SMA Negeri 4 Kendari, patut Anda lihat!

Jika Anda ingin melihat segala postingan dari The World of My World tentang Sift Head, klik di sini!

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Biologi: Kultur Jaringan


A.   PENGERTIAN KULTUR JARINGAN

Pada umumnya, tanaman dapat di kembang biakan dengan cara alami, namun, tanaman juga dapat di kembang biakan dengan cara cangkok dan stek. Namun, tidak semua tanaman dapat di stek atau dicangkok, maka untuk tanaman tertentu diperlukan cara lain. Kini para ahli anatomi tumbuhan telah mengetahui bahwa tumbuhan memiliki sifat totipotensi, yaitu suatu kemampuan setiap sel untuk tumbuh menjadi individu baru. Pengetahuan ini dimanfaatkan para ahli untuk memperbanyak tumbuhan dengan teknik kultur jaringan.
Kultur jaringan atau biakan jaringan merupakan teknik pemeliharaan jaringan atau bagian dari individu secara buatan (artifisial). Yang dimaksud secara buatan adalah dilakukan di luar individu yang bersangkutan. Karena itu teknik ini sering kali disebut kultur in vitro, sebagai lawan dari in vivo. Dikatakan in vitro (bahasa Latin, berarti "di dalam kaca") karena jaringan dibiakkan di dalam tabung inkubasi atau cawan Petri dari kaca atau material tembus pandang lainnya. Kultur jaringan secara teoretis dapat dilakukan untuk semua jaringan, baik dari tumbuhan maupun hewan (termasuk manusia) namun masing-masing jaringan memerlukan komposisi media tertentu.
Kultur jaringan/kultur in vitro/tissue culture adalah suatu teknik untuk mengisolasi, sel, protoplasma, jaringan, dan organ dan menumbuhkan bagian terse-but pada nutrisi yang mengandung zat pengatur tumbuh tanaman pada kondisi a-septik, sehingga bagian-bagian tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman sempurna kembali.

B.  BEBERAPA TEKNIK KULTUR JARINGAN

a.      Meristem culture, budi daya jaringan dengan menggunakan eksplan dari jaringan muda atau meristem.
b.      Polen culture/anther culture, menggunakan eksplan dari polen atau benang sari.
c.       Protoplas culture, menggunakan eksplan dari protoplas.
d.      Chloroplas culture, menggunakan kloroplas untuk keperluan fusi protoplas.
e.      Somatis cross (bilangan protoplas/fusi protoplas), menyilangkan dua macam protoplas, kemudian di budi dayakan hingga menjadi tanaman kecil yang mempunyai sifat baru.

C.  SYARAT KULTUR JARINGAN

Pelaksanaan teknik ini memerlukan berbagai syarat untuk mendukung kehidupan jaringan yang dibiakkan. Yang paling esensial adalah wadah dan media tumbuh yang steril. Media adalah tempat bagi jaringan untuk tumbuh dan mengam-bil nutrisi yang mendukung kehidupan jaringan. Media tumbuh menyediakan ber-bagai bahan yang diperlukan jaringan untuk hidup dan memperbanyak dirinya. Ada dua penggolongan media tumbuh: media padat dan media cair. Media padat pada umumnya berupa padatan gel, seperti agar. Nutrisi dicampurkan pada agar. Media cair adalah nutrisi yang dilarutkan di air. Media cair dapat bersifat tenang atau da-lam kondisi selalu bergerak, tergantung kebutuhan.
Teori dasar dari kultur in vitro ini adalah Totipotensi. Teori ini memper-cayai bahwa setiap bagian tanaman dapat berkembang biak. karena seluruh bagian tanaman terdiri atas jaringan-jaringan hidup.

Teori dasar kultur jaringan:
a.      Sel dari suatu organisme multiseluler di mana pun letaknya, sebenar-nya sama dengan sel zigot karena berasal dari satu sel tersebut (Setiap sel berasal dari satu sel).
b.      Teori Totipotensi Sel (Total Genetic Potential), artinya setiap sel memi-liki potensi genetik seperti zigot yaitu mampu memperbanyak diri dan berdiferensiasi menjadi tanaman lengkap.

Aplikasi Teknik Kultur Jaringan dalam Bidang Agronomi
a.      Perbanyakan vegetatif secara cepat (Micropropagation).
b.      Membersihkan bahan tanaman/bibit dari virus
c.       Membantu program pemuliaan tanaman (kultur haploid, embryo res-cue, seleksi in vitro, variasi somaklonal, fusiprotoplas, transformasi gen/rekayasa genetika tanaman dll.).
d.      Produksi metabolit sekunder.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Regenerasi
1.      Bentuk regenerasi dalam kultur in vitro: pucuk aksilar, pucuk adventif, embrio somatik, pembentukan protocorm like bodies, dll.
2.      Eksplan, adalah bagian tanaman yang dipergunakan sebagai bahan awal untuk perbanyakan tanaman. Faktor eksplan yang penting adalah genotip/varietas, umur eksplan, letak pada cabang, dan seks (jan-tan/betina). Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagi eksplan adalah pucuk muda, batang muda, daun muda, kotiledon, hipokotil, endosperm, ovari muda, anther, embrio, dll.
3.      Media Tumbuh, Di dalam media tumbuh mengandung komposisi ga-ram anorganik, zat pengatur tumbuh, dan bentuk fisik media. Terda-pat 13 komposisi media dalam kultur jaringan, antara lain: Murashige dan Skoog (MS), Woody Plant Medium (WPM), Knop, Knudson-C, Anderson dll. Media yang sering digunakan secara luas adalah MS. Komposisi media Murashige dan Skoog (MS).
Bahan Kimia Konsentrasi Media (mg/l)
1.      NH4NO3 1650
2.      KNO3 1900
3.      CaCL2.2H20 440
4.      MgSO4.7H20 370
5.      KH2PO4 170
6.      FeSO4.7H20 27
7.      NaEDTA 37,3
8.      MnSO4.4H20 22,3
9.      ZnSO4.7H2O 8,6
10.    H3BO3 6,2
11.    KI 0,83
12.    Na2MoO4.2H20 0,25
13.    CuSO4.5H20 0,025
14.    CoCl2.6H20 0,025
15.    Myoinositol 100
16.    Niasin 0,5
17.    Piridoksin-HCL 0,5
18.    Tiamin-HCL 0,1
19.    Glisin 2
20.    Sukrosa 30.000
4.   Zat Pengatur Tumbuh Tanaman
Faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ZPT adalah konsen-trasi, urutan penggunaan dan periode masa induksi dalam kultur tertentu. Jenis yang sering digunakan adalah golongan Auksin seperti Indole Aceti Acid (IAA), Napthalene Acetic Acid (NAA), 2,4-D, CPA dan Indole Acetic Acid (IBA). Golongan Sitokinin seperti Kinetin, Benziladenin (BA), 2I-P, Zeatin, Thidiazuron, dan PBA. Golongan Gibberelin seperti GA3. Golongan zat penghambat tumbuh seperti Ancymidol, Paclobutrazol, TIBA, dan CCC.
5.   Lingkungan Tumbuh
Lingkungan tumbuh yang dapat mempengaruhi regenerasi tanaman meliputi temperatur, panjang penyinaran, intensitas penyinaran, kualitas sinar, dan ukuran wadah kultur. Beberapa gambaran dan potensi yang bisa dimunculkan dalam kultur jaringan di antaranya adalah:
-           Kultur meristem, dapat menghasilkan anggrek yang bebas virus, sehingga sangat tepat digunakan pada tanaman anggrek spesies langka yang telah terinfeksi oleh hama penyakit, termasuk virus.
-           Kultur anther, bisa menghasilkan anggrek dengan genetik haploid (1n), sehingga bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan ang-grek diploid (2n). Dengan demikian sangat dimungkinkan untuk meng-hasilkan tanaman anggrek mini, selain itu dengan kultur anther berpe-luang memunculkan sifat resesif unggul yang pada kondisi normal ti-dak akan muncul karena tertutup oleh yang dominan
-           Dengan teknik poliploid dimungkinkan untuk mendapatkan tanaman anggrek “giant” atau besar. Teknik ini salah satunya dengan membeo-rikan induksi bahan kimia yang bersifat menghambat (cholchicine)
-           Kloning, teknik ini memungkinkan untuk dihasilkan anggrek dengan jumlah banyak dan seragam, khususnya untuk jenis anggrek bunga potong. Sebagian petani anggrek telah mampu melakukan teknik ini.
-           Mutasi, secara alami mutasi sangat sulit terjadi. Beberapa literatur peluangnya 1 : 100.000.000. Dengan memberikan induksi tertentu melalui kultur jaringan hal tersebut lebih mudah untuk diatur. Tana-man yang mengalami mutasi permanen biasanya memiliki nilai eko-nomis yang sangat tinggi
-           Bank plasma, dengan meminimalkan pertumbuhan secara “in vitro” kita bisa mengoleksi tanaman anggrek langka tanpa harus memiliki lahan yang luas dan perawatan intensif. Baik untuk spesies langka Indonesia maupun dari luar negeri untuk menjaga keaslian genetis yang sangat penting dalam proses pemuliaan anggrek.

Pemberian nitrogen dalam bentuk pupuk buatan secara berlebih ternyata
berdampak negatif yaitu:

1.      Meningkatkan tekanan osmosis air tanah
2.      Meningkatkan keasaman tanah Þ akibat lanjut adalah defisiensi Ca, Mg dan K
3.      Terjadinya eutrofikasi karena penumpukan NO3 di perairan, jalan keluarnya adalah dilakukan rekayasa genetika.

D.  PROSES PERBANYAKAN TANAMAN DENGAN TEKNIK KULTUR JARINGAN

Tahapan yang dilakukan dalam perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan adalah:
1)     Pembuatan media merupakan faktor penentu dalam perbanyakan dengan kultur jaringan. Komposisi media yang digunakan tergantung dengan jenis tanaman yang akan diperbanyak. Media ditempatkan pada tabung reaksi atau botol-botol kaca.
2)     Untuk pengambilan eksplan, bagian tanaman yang sering digunakan untuk kegiatan kultur jaringan adalah tunas.
3)     Lakukan sterilisasi yaitu segala kegiatan dalam kultur jaringan harus dilakukan di tempat yang steril, yaitu di laminar flow dan menggu-nakan alat-alat yang juga steril. Peralatan juga harus disterilkan de-ngan menggunakan etanol yang disemprotkan secara merata pada peralatan.
4)     Perbanyakan calon tanaman dengan menanam eksplan pada media. Kegiatan ini dilakukan di laminar flow untuk menghindari adanya kontaminasi yang menyebabkan gagalnya pertumbuhan eksplan. Tabung reaksi yang telah ditanami ekplan diletakkan pada rak-rak dan ditempatkan di tempat yang steril dengan suhu kamar.
5)     Pengamatan pada fase dimana eksplan akan menunjukkan adanya pertumbuhan akar yang menandai bahwa proses kultur jaringan yang dilakukan mulai berjalan dengan baik. Pengamatan dilakukan setiap hari untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan akar serta untuk melihat adanya kontaminasi oleh bakteri ataupun jamur. Eksplan yang terkontaminasi akan menunjukkan gejala seperti berwarna putih atau biru (disebabkan jamur) atau busuk (disebabkan bakteri).
6)     Pemindahan eksplan keluar dari ruangan aseptik ke bedeng. Pemindahan dilakukan secara hati-hati dan menggunakan sungkup. Sungkup digunakan untuk melindungi bibit dari udara luar dan serangan hama penyakit karena bibit hasil kultur jaringan sangat rentan terhadap serangan hama penyakit dan udara luar. Setelah bibit mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sungkup dilepaskan secara bertahap, selanjutnya pemeliharaan bibit dilakukan dengan cara yang sama dengan pemeliharaan pada bibit generatif.

E.   MANFAAT/KEUNTUNGAN KULTUR JARINGAN

Kegunaan utama dari kultur jaringan adalah untuk mendapatkan tana-man baru dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat, yang mempunyai sifat fisiologi dan morfologi sama persis dengan induknya. Dari teknik kultur jaringan tanaman ini diharapkan juga memperoleh tanaman baru yang bersifat unggul. Secara lebih rinci dan jelas berikut ini akan dibahas secara khusus kegunaan dari kultur jaringan terhadap berbagai ilmu pengetahuan.
Manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh jika melakukan teknik kultur jaringan adalah sebagai berikut:

1.      Bibit (hasil) yang didapat berjumlah banyak dan dalam waktu yang singkat
2.      Sifat identik dengan induk
3.      Dapat diperoleh sifat-sifat yang dikehendaki
4.      Metabolit sekunder tanaman segera didapat tanpa perlu menunggu tanaman dewasa.
5.      Perbanyakan cepat dari klon. Kecepatan multiplikasi sebanyak 5 akan memberikan 2 juta plantlet dalam 9 generasi yang memerlukan waktu 9 – 12 bulan.
6.      Keseragaman genetik. Karena kultur jaringan merupakan perbanyakan vegetatif, rekombinasi karakter genetik acak yang umum terjadi pada perbanyakan seksual melalui biji, dapat dihindari. Karenanya, anakan yang dihasilkan bersifat identik. Akan tetapi, mutasi dapat terjadi pada kultur jaringan pada saat sel bermultiplikasi, terutama pada kondisi hormon dan hara yang tinggi. Mutasi genetik pada masa multiplikasi vegetatif ini disebut “variasi somaklonal”.
7.      Kondisi aseptik. Proses kultur jaringan memerlukan kondisi aseptik, sehingga pemeliharaan kultur tanaman dalam kondisi aseptik memberi bahan tanaman yang bebas patogen.
8.      Seleksi tanaman, adalah memungkinkan untuk memiliki tanaman dalam jumlah besar pada wadah kultur yang relatif kecil. Seperti telah disebutkan sebelumnya, variasi genetik mungkin terjadi. Juga, adalah memungkinkan untuk memberi perlakuan kultur untuk meningkatkan kecepatan mutasi. Perlakuan dengan bahan kimia (bahan mutasi, hormon) atau fisik (radiasi) dapat digunakan.
9.      Stok mikro, memelihara stok tanaman dalam jumlah besar mudah dilakukan pada kultur in vitro. Stok induk biasanya dipelihara in vitro, dan stek mikro diambil untuk diakarkan di kultur pengakaran atau dengan perbanyakan biasa.
10. Lingkungan terkontrol
11. Konservasi genetik. Kultur jaringan dapat digunakan untuk menye-lamatkan spesies tanaman yang terancam (rare and endangered species). Metode dengan pemeliharaan minimal, penyimpanan jangka panjang telah dikembangkan.
12. Teknik kultur jaringan dapat digunakan untuk menyelamatkan hibrida dari spesies yang tidak kompatibel melalui kultur embrio atau kultur ovule.
13. Tanaman haploid dapat diperoleh melaui kultur anther.
14. Produksi tanaman sepanjang tahun.
15. Perbanyakan vegetatif untuk spesies yang sulit diperbanyak secara normal dapat dilakukan melalui kultur jaringan.

DAFTAR PUSTAKA
           
ftp.ui.edu
hamdan-motor.blogspot.com/2008/07/kultur-jaringan.html
id.wikipedia.org/wiki/Kultur_Jaringan
Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi Untuk SMA & MA Kelas XI. Jakarta:
            Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
www.google.com (dengan kata kunci: Kultur Jaringan)                
www.scribd.com (dengan kata kunci: Kultur Jaringan)
www.tamanmundu.com/budidaya-tanaman/28-budidaya/40-kultur-jaringan.html



*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Catatan: Ketika Ramadhan ini Ramadhan Terakhir


Ramadhan kali ini adalah Ramadhan yang terindah. Ramadhan yang telah kita lalui selama sebulan ini. Ramadhan yang telah kita kerjakan selama sebulan.

Namun, terpikirkah Anda bahwa mungkin saja Ramadhan ini adalah Ramadhan yang terakhir untuk Anda. Tidak ada yang tahu. Tidak ada yang mengetahui kebenaran dan kepastiannya. Tidak ada yang bisa menerimanya. Hanya Allah yang tahu.

Jadi, jika Ramadhan ini adalah Ramadhan yang terakhir bagimu, jangan pernah sia-siakan harimu dengan melakukan perbuatan yang baik dan bermulia. Jangan pernah sia-siakan satupun kesempatan dalam hidup. Jangan terlalu terlena dengan kehidupan jasmani. Perhatikan juga kehidupan rohani.

Jadikan ini sebagai kebiasaan agar kita dapat menikmati surga di kemudian hari. Amin.

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Perbandingan Video Editor


Banyak sekali video editor yang belakangan ini beredar luas di toko-toko hingga di dunia maya. Video editor adalah sebuah software yang berfungsi sebagai pengedit dan memberika sesuatu agar menjadi sebuah video yang utuh.

Video editor kadang-kadang gampang dan kadang-kadang rumit, tergantung dengan tampilan dari software tersebut. Namun, jangan khawatir dikarenakan video editor saat ini dapat digunakan dengan mudah dan nyaman.

Persoalan lainnya adalah, seberapa besar resource yang digunakan video editor? Ini yang menjadi pemikiran sendiri sebagai seorang editor. Mereka membutuhkan perangkat kelas tinggi agar dapat mengedit video dengan mudah serta nyaman.

Jika kita menggunakan Windows XP, kita pasti akan menemukan sebuah software pengedit video, yaitu Windows Movie Maker. Windows Movie Maker pertama kali muncul pada sistem operasi Windows ME, namun masih minim fitur. Windows Movie Maker pada Windows XP Service Packs 2 mengalami peningkatan yang baik daripada sebelumnya. Namun, untuk kelas profesional, ini masih minim yang sebenarnya diperlukan. Namun cukup berguna bagi seorang pemula yang masih belajar mengedit video.

Ada lagi video editor lainnya seperti Ulead VideoStudio (sekarang Corel VideoStudio), Sony Vegas Movie Studio, Pinnacle Studio, hingga program yang paling terbaik Adobe Premiere.

Corel VideoStudio dan Pinnacle Studio memiliki tampilan yang mudah digunakan dan teratur, tidak seperti program lainnya. Namun soal penggunaan memori, Corel VideoStudio-lah yang paling rendah penggunaannya.

Namun pada kenyataannya bahwa Adobe Premiere-lah yang paling unggul, disebabkan banyaknya fitur yang tidak ada pada program lain. Program ini juga banyak digunakan pada stasiun televisi, sehingga dapat dikatakan bahwa Adobe Premiere adalah video editor yang paling baik.

Namun, ini hanya referensi saja, mungkin Anda mempunyai pemikiran masing-masing.

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Bagaimana Cara Menjaga Lingkungan Kita Tetap Bersih


Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan (misalnya dengan abu gosok), membersihkan kamar mandi dan jamban, serta membuang sampah.

Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.

Jika kebersihan lingkungan tidak terjaga, maka lingkungan kita akan menjadi kotor.
Seperti sampah yang sering sekali di buang di jalanan dan bukan di tong sampah
Sampah yang kita buang akan membuat lingkungan menjadi kotor dan banyak penyakit yang akan datang.

Banyak pengaruh dari sampah yang di buang tidak ke tong sampah yaitu:
- akan mengakibatkan kebanjira,
- sampah-sampah akan menyumbatkan saluran parit yang juga akan membuat banjir,
- akan menimbulkan bau busuk yang akan menimbulkan ketidaknyamanan pada warga sekitar.

Cara-cara untuk menjaga kebersihan lingkungan:

1. Sampah sebaiknya di buang ke tong sampah.
2. Membersihkan selokan dari sampah-sampah.
3. Melakukan kegiatan kerja bakti.
4. Menyediakan tong sampah yang terbagi atas sampah organik dan non organik.
5. Tanam tanaman agar udara tetap segar dan bersih.
6. Kurangi pencemaran udara di lingkungan kita.

Narasumber: Muhammad Fadhli Ardhiansyah, Anggota Kelas XII IA CIBI (SIFT HEAD) SMA Negeri 4 Kendari

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Dampak Negatif Narkoba untuk Generasi Muda


Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Adapun efek dari narkoba antara lain:

Halusinogen, efek dari narkoba bisa mengakibatkan bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu dapat mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada/tidak nyata contohnya kokain & LSD.

Stimulan, efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak bekerja lebih cepat dari kerja biasanya sehingga mengakibatkan seseorang lebih bertenaga untuk sementara waktu , dan cenderung membuat seorang pengguna lebih senang dan gembira untuk sementara waktu.

Depresan, efek dari narkoba yang bisa menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh, sehingga pemakai merasa tenang bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tidak sadarkan diri. Contohnya putaw.

Adiktif, Seseorang yang sudah mengonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif, karena secara tidak langsung narkoba memutuskan syaraf-syaraf dalam otak, contohnya ganja, heroin, putaw.

Jika terlalu lama dan sudah ketergantungan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya kematian.

Di beberapa negara tumbuhan ini tergolong narkotika, walau tidak terbukti bahwa pemakainya menjadi kecanduan, berbeda dengan obat-obatan terlarang yang berdasarkan bahan kimiawi dan merusak sel-sel otak, yang sudah sangat jelas bahayanya bagi umat manusia. Di antara pengguna ganja, beragam efek yang dihasilkan, terutama euphoria (rasa gembira) yang berlebihan, serta hilangnya konsentrasi untuk berpikir di antara para pengguna tertentu.

Efek negatif secara umum adalah bila sudah menghisap maka pengguna akan menjadi malas dan otak akan lamban dalam berpikir.

Efek yang dihasilkan juga beragam terhadap setiap individu, di mana dalam golongan tertentu ada yang merasakan efek yang membuat mereka menjadi malas. efek yang dihasilkan oleh obat-obatan terlarang dan alkohol, yang menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan hingga tersiksa secara fisik, dan bahkan berbuat kekerasan maupun penipuan (aksi kriminal) untuk mendapatkan obat-obatan kimia buatan manusia itu.

Jadi kesimpulannya adalah, coba anda bayangkan kalau generasi muda Indonesia menggunakan narkoba, apa yang akan terjadi pada bangsa kita ke depannya pasti bangsa Indonesia akan hancur akibat narkoba.

Narasumber: Muhammad Fadhli Ardhiansyah, Anggota Kelas XII IA CIBI (SIFT HEAD) SMA Negeri 4 Kendari

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Minggu, 21 Agustus 2011

DoTA 2, Siapkah Anda?


Banyak orang mengira bahwa DoTA hanya akan ada di dalam permainan Warcraft. Itu salah.
Valve akan meluncurkan DoTA generasi kedua, yang jelas tidak akan menggunakan Warcraft lagi. DoTA 2 akan berbentuk program mandiri dan dapat dimainkan.
Di YouTube sendiri telah diriligs bagaimanakah tampilan DoTA 2 yang baru. Pihak Valve sendiri akan mengeluarkan versi beta yang dapat dimainkan oleh para pencoba. Namun, rilis dari DoTA telah diundur dikarenakan harus berhati-hati dalam perilisannya nanti. Mungkin saja akan mengalami masalah seperti crash, bug, dan semacamnya.
Pemain-pemain yang dapat dipakai sebanyak lebih dari 40 karakter. Permainan ini dapat membuat Anda dapat meninggalkan DoTA yang sebelumnya telah ada di Warcraft yang dikembangkan oleh komunitas.
DoTA sebelumnya dapat dimainkan secara gratis. Namun kemungkinan besar bahwa DoTA 2 kali ini akan dijadikan program yang berbayar. Hal itu disebabkan dikarenakan pada DoTA yang lama, hanya berbentuk map dan pemain serta komponen-komponen lainnya yang dipakai sebagai pelengkap. Namun, beda halnya dengan DoTA 2. Semua murni, dibuat dari nol hingga menjadikannya sebagai program mandiri.
Jadi, siapkah Anda dengan DoTA 2?

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Perbandingan Pemutar Media


Kita dari dulu pernah menggunakan pemutar media dari Microsoft, yakni Windows Media Player. Namun, pernah berpikir bahwa Windows Media Player tidaklah pernah membuat Anda puas.
Muncullah sebuah pemutar media lainnya yang mungkin masih memegang tahta pemutar musik yang paling banyak dipakai selain Windows Media Player. Dia tidak lain adalah Winamp.
Produksi dari Nullsoft yang sudah menjadi bagian dari Aol (America Online) sudah dipakai oleh jutaan, mungkin miliaran lebih.
Pemutar media ini telah membaca lebih dari 30 format berbeda, dari audio sampai video. Pemutar media ini mendukung plug-ins yang dapat dipakai, DSP, kulit yang dapat diunduh gratis dari Winamp, dan keunggulan lainnya. Namun, semakin tinggi versinya, semakin tidak layak dipakai. Itu disebabkan karena membutuhkan resource yang lebih tinggi lagi, dan sangat tidak efisien jika dipakai oleh komputer atau laptop yang memiliki kemampuan yang terbatas.
Sekarang, beredar pula pemutar media yang mungkin sudah banyak penggunanya, GOM Player, pemutar media yang menitik beratkan pada video, namun masih dapat memutar audio. Pemutar video yang telah banyak mendukung berbagai format yang paling digunakan belakangan ini seperti AVI, MP4, FLV, WMV, MKV, RM, dan format lainnya. Keunggulannya adalah dapat mencari kodek yang tidak dikenal/terinstal di komputer Anda, mendukung banyak format, mendukung fungsi DSP yang sama dengan Winamp, mendukung subtitle, mendukung filter dari program lain seperti ffdshow (harus memasang Media Player Classic), dan masih banyak keunggulan lainnya.
Masih banyak lagi pemutar video seperti KMPlayer yang juga terkenal, VLC, AlPlayer (sebelumnya AlShow), Media Player Classic, dan pemutar video lainnya.
Sekarang pemutar audio yang menurut saya lebih baik daripada pemutar audio lainnya adalah AIMP3. AIMP3 merupakan pemutar audio yang diciptakan dari Rusia dan handal memainkan berbagai format suara yang lagi tenar dan mendukung penampilannya dengan berbagai kulit yang tersedia di situs resminya. Namun, program ini masih tahap beta dan masih butuh waktu untuk menyelesaikannya sampai rilis finalnya nanti.
Namun, Anda patut mencoba pemutar audio lainnya seperti JetAudio, MonkeyAudio, Spotify, iTunes, dan masih banyak lagi.
Ini hanya referensi dan mungkin Anda memiliki pendapat lain terhadap pemutar media. Semoga membantu dan bermanfaat bagi para pengunjung.

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Tip untuk Menggunakan Keyboard Secara Aman


Menggunakan papan tombol (keyboard) dengan benar bisa membantu mencegah rasa pegal atau cedera pada pergelangan, tangan, dan lengan, khususnya jika Anda menggunakan komputer untuk jangka waktu panjang. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menghindari masalah:

  1. Letakkan papan tombol pada ketinggian siku tangan. Lengan atas harus santai pada kedua sisi.
  2. Tengahkan papan tombol di depan Anda. Jika papan tombol Anda dilengkapi dengan papan tombol angka, Anda bisa menggunakan tombol spasi sebagai patokan titik tengah.
  3. Ketik dengan tangan dan pergelangan mengambang di atas papan tombol, agar Anda bisa menggunakan seluruh lengan untuk menjangkau tombol jauh dan bukannya dengan meregangkan jari Anda.
  4. Hindari menyandarkan telapak atau pergelangan tangan pada jenis permukaan apapun ketika sedang mengetik. Jika papan tombol dilengkapi dengan sandaran telapak, gunakan hanya ketika sedang tidak mengetik.
  5. Ketika mengetik, gunakan sentuhan ringan dan jaga agar pergelangan tetap lurus.
  6. Ketika tidak sedang mengetik, kendurkan lengan dan tangan Anda.
  7. Ambil jeda singkat penggunaan komputer setiap 15 sampai 20 menit.


Sumber: Microsoft

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Tip untuk Menggunakan Mouse Secara Aman



Menggenggam dan menggerakkan tetikus (mouse) dengan benar bisa membantu mencegah rasa pegal atau cedera pada pergelangan, tangan, dan lengan, khususnya jika Anda menggunakan komputer untuk jangka waktu panjang. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menghindari masalah:


  1. Letakkan tetikus pada ketinggian siku tangan. Lengan atas harus jatuh santai pada kedua sisi.
  2. Jangan meremas atau menggenggam tetikus dengan kuat. Genggam dengan lembut.
  3. Gerakkan tetikus dengan membuat lengan Anda berputar pada siku tangan. Hindari membengkokkan pergelangan tangan ke atas, bawah, atau ke samping.
  4. Gunakan sentuhan ringan ketika mengklik tombol tetikus.
  5. Jari Anda harus tetap santai. Jangan biarkan mengambang di atas tombol.
  6. Ketika Anda tidak perlu menggunakan tetikus, jangan menggenggamnya.
  7. Ambil jeda singkat penggunaan komputer setiap 15 sampai 20 menit.


Sumber: Microsoft

*Riswan Hanafyah Harahap, Author of "The World of My World"

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More